Al-Fatah Sido Makmur Gelar Pawai Pekan Solidaritas Palestina November 2021

Posted on

 

alfatah sido makmur

Al-Fatah Sidomakmur menggelar pawai Pekan Solidaritas Palestina sebagai gagasan dari lembaga kemanusiaan Aqso Working Group (AWG) Lampung Timur . Pawai tersebut dilaksanakan pada tanggal 22 November 2021.

Sejatinya, pelaksanaan kegiatan menyambut Hari Solidaritas Palestina Internasional setiap tanggal 29 November. Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan konsisten bangsa Indonesia  terhadap perjuangan Palestina dalam meraih kemerdekaan dan kedaulatan secara penuh.

Lembaga Aqso Working Group Lampung Timur (AWG) Bersama Syuban dan UAR Lam-tim menggelar Pekan Solidaritas Palestina pada 22 November 2021, berlokasi di Desa Sidomakmur, Kecamatan Melinting Lampung Timur. AWG Lampung Timur berharap agar acara seperti ini konsisten dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya.

Jika melihat ke belakang, terdapat sejumlah peristiwa bersejarah terkait isu Palestina yang terjadi pada bulan November. Misalnya saja pada tanggal 2 November, Palestina memperingati lahirnya Deklarasi Balfour.

Deklarasi Balfour adalah pernyataan publik pada tahun 1917. Kemudian deklarasi tersebut telah mendapat tanda tangan dan sudah dipublikasikan oleh menteri luar negeri Inggris bernama James Arthur Balfour.

Isi surat tersebut menyatakan jika Balfour dan Pemerintah Inggris bersimpati dan memandang positif aspirasi zionis untuk mendirikan tanah air bagi bangsa Yahudi di Palestina. Pada waktu itu Palestina merupakan daerah kekuasaan Kekaisaran Ottoman. Keduanya tengah berkonfrontasi dengan Inggris dan Sekutu, yakni dalam Perang Dunia 1.

Lalu adanya Deklarasi Balfour mendorong orang-orang Yahudi di seluruh dunia ke Palestina dengan migrasi besar-besaran. Selanjutnya pada tanggal 11 November terdapat peringatan wafatnya Yasser Arafat, mantan Presiden Palestina.

Selang satu hari kemudian, 12 November, Palestina memperingati hari kemerdekaannya. Kemudian Hari Solidaritas Palestina Internasional tanggal 29 November ini berdasarkan ketetapan PBB.

AWG Lampung Timur menyelenggarakan acara Pekan Solidaritas Palestina dengan tujuan memberikan edukasi tentang pentingnya menjaga dan mempertahankan tanah suci serta Masjid Al Aqso dari zionis Israel.

Simpati untuk Palestina

Banyak warga Palestina yang menderita selama terjadi bentrokan oleh pasukan Israel di perbatasan Gaza. Lalu menyusul berbagai kerusuhan yang melukai warga, bahkan hingga meninggal.

Namun, tanggapan dari tentara Israel mengatakan bahwa pihaknya akan menembak langsung terhadap para perusuh Palestina yang berusaha memanjat pagar perbatasan dan melempar bahan peledak. Termasuk anak-anak di bawah umur tidak luput dari kebengisan zionis Israel.

Pada waktu itu warga Gaza mulai melakukan protes. Warga menuntut agar blokade Israel segera berakhir dan warga Palestina berhak mendapatkan kembali tanah air mereka. Aksi tersebut lantas diikuti oleh Pekan Solidaritas Palestina di dunia, termasuk di Sidomakmur, Melinting, Lampung Timur.

Kegiatan Pawai

Pawai yang diadakan oleh Al-Fatah Sidomakmur sebagai bagian dari demonstrasi yang menuntut pemerintahan masing-masing supaya memberikan sanksi dan embargo militer. Dengan demikian, pasokan senjata ke Israel dapat dihentikan. Pawai diikuti oleh 300 siswa dan guru dari Raudhatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Sido Makmur.

Kegiatan seperti ini diadakan di Sidomakmur, Kecamatan Melinting Lamtim dengan berkeliling desa sambil mengibarkan bendera merah putih. Kemudian kampanye perdamaian ini juga mengibarkan bendera Palestina dan diiringi yel-yel penyemangat dan berisikan dukungan-dukungan.

Pentingnya berkampanye Pekan Solidaritas Palestina serta memberikan literasi perjuangan negara itu tanpa henti sebagai dukungan kepadanya. Terkait literasi Palestina tersebut, terdapat upaya pembangunan sejumlah Rumah Sakit Indonesia di jalur Gaza.

Pawai Pekan Solidaritas Palestina dilaksanakan dengan lancar dan tertib. Diharapkan seluruh pihak terkait yang telah dirangkul oleh AWG dapat melaksanakan kegiatan seperti ini pada November tahun berikutnya. Kesan para siswa sangat antusias mengikuti kegiatan yang baru pertama kali digelar ini.

Hanya Manusia Biasa Yang Selalu Memperbaiki Hati dan Diri