Jurusan di Institut Kalbis (KALBIS)

Posted on

Penjelasan Singkat Institut Kalbis (KALBIS)

KALBIS Institute adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Jakarta, Indonesia. KALBIS Institute berada di bawah Yayasan Pendidikan KALBE (YPK). Perguruan ini berafiliasi dengan perusahaan farmasi besar di Asia Tenggara, KALBE dan Binus.

Logo Institut Kalbis (KALBIS)

Sejarah Institut Kalbis (KALBIS)

KALBIS Institute berdiri di bawah Yayasan Pendidikan KALBE (YPK) pada tahun 1992 dengan nama STIE KALBE dan membuka program D3 Keuangan dan Perbankan serta D3 Akuntansi. Tahun 1994, STIE KALBE membuka program baru yaitu D3 Manajemen Perusahaan.

Pada tahun 1996, STIE KALBE berkembang dengan menambahkan dua program S1 berupa S1 Manajemen dan S1 Akuntansi. Dua tahun berikutnya, ditambahkan program S2 Magister Manajemen. Pada tahun 2002, STIE KALBE mengalami perubahan nama menjadi STIE SUPRA.

Pada tahun 1995, Yayasan Pendidikan KALBE (YPK) mendirikan STMIK SUPRA dengan dua program; S1 Sistem Informasi dan S1 Teknik Informatika dan pada tahun 2009, STIE SUPRA dan STMIK SUPRA dilebur menjadi satu dengan nama Institut Teknologi dan Bisnis KALBE (ITBK) dengan tambahan program S1 Ilmu Komunikasi.

Pada tahun 2011, Yayasan Pendidikan KALBE (YPK) mengubah nama ITBK menjadi KALBIS Institute dan membangun kampus baru yang berlokasi di Jalan Pulomas Selatan Kav. 22, Jakarta Timur. Kampus tersebut dibangun pada area seluas 9.850 meter dan mampu menampung sekitar 8.000 mahasiswa. Kampus ini dilengkapi dengan Laboratorium Komputer, Laboratorium Akuntansi, Studio Ilmu Komunikasi, dan Perpustakaan.

Jurusan di Institut Kalbis (KALBIS)

Terdapat tiga tingkatan program kuliah di Kalbis Institute, yaitu diploma, sarjana, dan magister. Kalbis Institute memiliki satu program studi D3, yaitu Akuntansi. Kalbis juga mempunyai sembilan program S1, dengan penjurusan sebagai berikut:

  • Akuntansi
    – Pemeriksaan Akuntansi
    – Akuntansi Sektor Publik
    – Akuntansi Keuangan & Pasar Modal
    – Akuntansi Perpajakan
  • Manajemen
    – Manajemen Supply Chain
    – Manajemen Pemasaran
    – Manajemen Sumber Daya Manusia
    – Manajemen Keuangan
    – Manajemen Risiko & Asuransi
  • Business in Creative Industries
  • Sistem Informasi
  • Informatika
    – Mobile Technology
    – Soft Computing
    – Game Computing & Technology
  • Strategic Communication
    – Corporate Communication & Public Relations
  • Broadcasting
    – Television Broadcasting
    – Radio Broadcasting
  • Advertising and Digital Communication

Visi dan Misi Institut Kalbis (KALBIS)

Visi:

Menjadi perguruan tinggi yang unggul dalam bidang teknologi dan bisnis di tingkat Nasional dan berdampak bagi masyarakat melalui pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang adaptif dan dinamis.

Misi:

  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi di bidang teknologi dan bisnis untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul, kompetitif, berfikir kritis, berintegritas dan berkarakter, serta berdampak bagi masyarakat secara luas.
  • Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) melalui penyelenggaraan dan penyebarluasan hasil penelitian dengan reputasi nasional maupun internasional untuk mendukung pembangunan.
  • Menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat melalui implementasi ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) yang menjawab kebutuhan dan berdampak bagi masyarakat secara luas.
  • Menjalin kerjasama dengan institusi nasional dan internasional secara terarah dan berkesinambungan untuk mendukung kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Tujuan

  • Mengembangkan pendidikan tinggi berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang unggul, kompetitif berpikir kritis, berintegritas dan berkarakter, berdampak bagi masyarakat dan memiliki daya saing pada skala nasional dan internasional.
  • Meningkatkan kapabilitas dan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dalam melakukan penelitian yang bermutu dan berdampak secara luas bagi masyarakat.
  • Meningkatkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) berkelanjutan dalam bentuk community development yang bermutu bersifat konkrit, berjenjang, terprogram dan memberikan kontribusi dalam penyelesaian permasalahan di masyarakat.
  • Mengembangkan dan memperkuat jaringan kerjasama kelembagaan di tingkat nasional dan internasional dalam mendukung kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi yang berkualitas dan berdampak bagi masyarakat.

Sambutan Rektor

Perubahan dunia saat ini berlangsung sangat cepat, dan kita dituntut untuk mampu menyesuaikan diri terhadap perubahan yang ada. Hal ini seharusnya dapat dijadikan bagi gerenasi muda sebagai peluang yang baik untuk meningkatkan kemampuan atau membuka lapangan pekerjaan yang lebih banyak.

Lebih daripada itu khususnya di tingkat ASEAN saat ini, Indonesia merupakan salah satu negara dengan penduduk terbanyak yang artinya akan banyak sekali peluang bisnis yang dapat ditawarkan jika generasi muda mampu membuka lapangan kerja, dan mampu meningkatkan karir mereka bagi mereka yang bekerja secara professional.

Apalagi di masa Pasar Tunggal ASEAN ini, Indonesia juga menjadi pemain utama untuk bisa menghasilkan keuntungan bagi perusahaan maupun bagi Indonesia sendiri.

Mengangkat Tema Kalbis Refresh, Kalbis Institute juga ingin memberikan informasi bahwa Kalbis Institute saat ini telah berjalan secara mandiri langsung di bawah Yayasan Pendidikan KALBE. Kalbis Institute sebagai Corporate Based University di Indonesia juga hadir dengan berbagai keunggulan melalui fasilitas.

kurikulum yang terintegrasi dengan dunia industri, pengajar yang berpengalaman sebagai praktisi, serta kerjasama baik di dalam maupun luar negeri. Tidak hanya itu, Kalbis Institute juga sangat mendukung kegiatan kegiatan non-akademik yang dijalankan oleh setiap mahasiswa, sehingga mereka juga memiliki keterampilan dan bakat yang dapat terus mereka kembangkan.

Diakhiri dengan tagline Transforming Hearts and Minds, Kalbis Institute berharap bahwa lulusan dari Kalbis Institute tidak hanya memiliki kemampuan akademik yang baik sehingga diterima di dunia industri dan dunia usaha,

namun juga memiliki hati yang baik, serta kemampuan intelektual yang baik sehingga di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, di dalam diri mereka memiliki nilai jujur, adil, konsisten, bertanggung jawab, dan peduli sesuai dengan nilai-nilai Kalbis Institute.

Baca Juga:

Rate this post
Hanya Manusia Biasa Yang Selalu Memperbaiki Hati dan Diri