Jurusan di Universitas Islam Riau

Posted on

Penjelasan Singkat Universitas Islam Riau

Universitas Islam Riau (UIR) adalah salah satu perguruan tinggi yang berkedudukan di Pekanbaru, Riau berdiri pada 4 September 1962.

Pada saat didirikan Universitas Islam Riau hanya memiliki satu fakultas, yaitu Fakultas Agama dengan dua Jurusan yaitu jurusan Hukum dan Tarbiyah, dengan Dekan Pertama H.A. Kadir Abbas,S.H. Terletak di Pusat Kota Pekanbaru Jl. Prof. Mohd. Yamin, S.H, bangunan gedung Tingkat dua.

UIR terus mengembangkan pembangunan dibidang fisik di lokasi kedua Jl. Kaharuddin Nasution KM 11 Perhentian Marpoyan.

Logo Universitas Islam Riau

Arti Lambang:

  • Bulan sabit dengan bintang di atas menara pada latar belakang hijau melambangkan ke-Islaman. Bulan sabit lambang penyuluhan dan penuntun umat keluar dari kegelapan.
  • Sekuntum kapas berwarna putih dengan 4 (empat) biji, setangkap padi berwarna kuning dengan 9 (sembilan) butir, dan pilinan. rantai 62 (enam puluh dua) melambangkan kemakmuran dan persatuan yang kokoh serta berantai permulaan lahirnya Universitas Islam Riau tanggal 4 September 1962.
  • Keris berwarna abu-abu, lambang kejayaan Riau dengan pahlawan Hang Tuah, penegak kebenaran.
  • Kitab Suci Alquran Nur Karim merupakan pedoman bagi setiap muslim.
  • Lima sudut lambang tersebut melambangkan Rukun Islam yang lima, sekaligus mencerminkan lima sila dari pancasila yang merupakan falsafah Negara Republik Indonesia.

Sejarah Universitas Islam Riau

Universitas Islam Riau adalah perguruan tinggi tertua di Provinsi Riau berdiri pada tanggal 4 September 1962 bertepatan dengan 23 Zulkaidah 1382 H, oleh Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Riau. Tokoh Pendiri Universitas Islam Riau yaitu Dt. Wan Abdurahman, Soeman Hs, H. Zaini Kunin, H. A. Malik, H. Bakri Sulaiman, H.Abdul Kadir Abbas,S.H, dan H.A. hamid Sulaiman.

Pertama kali Universitas Islam Riau hanya memiliki satu fakultas, yaitu Fakultas Agama dengan dua Jurusan yaitu jurusan Hukum dan Tarbiyah, dengan Dekan Pertama H.A.

Kadir Abbas,S.H. Terletak di Pusat Kota Pekanbaru Jl. Prof. Mohd. Yamin, S.H, bangunan gedung Tingkat dua. Namun pembangunan kampus tidak sampai disini saja, maka UIR terus mengembangkan pembangunan dibidang fisik di lokasi kedua Jl. Kaharuddin Nasution KM 11 Perhentian Marpoyan.

Jurusan di Universitas Islam Riau

Fakultas Hukum
– S1 Ilmu Hukum
Fakultas Agama Islam
– S1 Pendidikan Agama Islam
– S1 Ekonomi Syariah
– S1 Pendidikan Bahasa Arab
– S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini
– S1 Perbankan Syariah
Fakultas Teknik
– S1 Teknik Sipil
– S1 Teknik Perminyakan
– S1 Teknik Mesin
– S1 Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota
– S1 Teknik Informatika
– S1 Teknik Geologi
Fakultas Ekonomi
– S1 Akuntansi
– S1 Manajemen
– S1 Ekonomi Pembangunan
– D3 Akuntansi
Fakultas Psikologi
– S1 Ilmu Psikologi
Fakultas Ilmu Komunikasi
– S1 Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
– S1 Administrasi Negara
– S1 Administrasi Niaga
– S1 Ilmu Pemerintahan
– S1 Ilmu Hubungan Internasional
– S1 Kriminologi
– D3 ADM Perkantoran
Fakultas Pertanian
– S1 Agroteknologi
– S1 Agribisnis
– S1 Budidaya Perairan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
– S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
– S1 Pendidikan Bahasa Inggris
– S1 Pendidikan Matematika
– S1 Pendidikan Biologi
– S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
– S1 Pendidikan Kimia
– S1 Pendidikan Kesenian / Sendratasik
– S1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
– S1 Pendidikan PGSD
Pasca Sarjana
– Magister Ilmu Hukum
– Magister Teknik Sipil
– Magister Ilmu Pemerintahan
– Magister Agronomi
– Magister Manajemen Agribisnis
– Magister Ilmu Administrasi
Doktor
– Ilmu Hukum

Visi dan Misi Universitas Islam Riau

Visi

Menjadikan Universitas Islam Riau yang Unggul dan Terkemuka di Asia Tenggara pada Tahun 2020

Misi

Menyelenggarakan pendidikan dan penelitian yang berkualitas untuk mendukung pembangunan Nasional, pengabdian kepada masyarakat dan selaras dengan filsafah Universitas,

menumbuh kembangkan kehidupan akademik yang sehat serta membangun pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan humaniora dengan wawasan ke Islaman dan ke Indonesiaan serta berperan aktif dalam menciptakan kampus madani dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada.

Tujuan

  • Membentuk manusia yang berbudi luhur dan ikhlas sepanjang ajaran Islam, yang cakap dan mempunyai keinsyfan, bertanggung jawab terhadap kesejahteraan masyarakat Indonesia khususnya dunia umumnya dalam mengamalkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dan memangku jabatan agar tetap beriman kepada Allah dan Rasul-Nya.
  • Mengusahakan dan memajukan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, menyelenggarakan usaha pembangunan, memelihara dan mengembangkan hidup kemasyarakatan sepanjang ajaran Islam sebagaimana yang ditentukan dalam Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Informasi dan Akreditasi

Program Sarjana (S1)

Sarjana adalah salah satu program awal yang akan anda capai sebagai salah satu gerbang memasuki dunia kerja, mengembangkan skill, dan relasi untuk anda lulusan SMA/SMK dan sederajat. Sebagai salah satu peluang untuk anda memasuki pendidikan lanjutan yang lebih tinggi.

Di Universitas Islam Riau sebagai lembaga pendidikan yang mendukung Catur Darma perguruan tinggi, maka UIR menyediakan 34 program studi S1 yang tersebar di 9 fakultas dengan mayoritas A dan B pada akreditasinya.

Program Pascasarjana (S2 & S3)

Program pascasarjana Universitas Islam Riau menawarkan berbagai Program Magister (S2) dan satu Program Doktor (S3) yang masing – masingnya sudah terakreditasi A dan B oleh BAN PT, serta pengajar dan pendidik yang merupakan guru besar dan dosen lulusan dalam dan luar negeri yang berpengalaman dan tidak diragukan kredibilitasnya.

Baca Juga : 

Rate this post
Hanya Manusia Biasa Yang Selalu Memperbaiki Hati dan Diri