Jurusan di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Posted on

Penjelasan di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat adalah salah satu universitas swasta tertua di Sumatra Barat yang telah berdiri sejak tanggal 18 November 1955.

Cikal bakal Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat dimulai dengan diselenggarakannya kuliah perdana untuk Fakultas Hukum dan Falsafah (kemudian menjadi Sekolah Tinggi Ushuluddin) di Padang Panjang, dengan mahasiswa angkatan pertamanya adalah utusan cabang dan daerah Muhammadiyah se-Sumatra Barat.

Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat saat ini memiliki kampus yang tersebar di 4 kota dalam provinsi Sumatra Barat yakni kota Padang, kota Padangpanjang, kota Bukittinggi dan kota Payakumbuh.

Logo Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Sejarah Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Universitas Muhammadiyah (UM) Sumatera Barat merupakan salah satu perguruan tinggi tertua di Provinsi Sumatera Barat bahkan di Indonesia. UM Sumatera Barat merupakan perubahan bentuk dari gabungan (merger) beberapa Sekolah Tinggi Muhammadiyah yang mulai berdiri di Sumatera Barat pada Tahun 1955.

Penggabungan Sekolah Tinggi Muhammadiyah di Sumatera Barat, di antaranya adalah Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Padang Panjang, Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Muhammadiyah Bukittinggi, Sekolah Tinggi Ilmu Teknik (STIT) Muhammadiyah Bukittinggi, Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian (STIP) Muhammadiyah Payakumbuh, dan Akademi Manajemen (AMA) Muhammadiyah Padang.

Cikal bakal Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, resmi berdiri pada tanggal 18 November 1955, ditandai dengan diresmikannya Fakultas Falsafah dan Hukum di Padang Panjang oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah AR. Sutan Mansur.

Rektor pertama adalah Dr. H. Ali Akbar dan sebagai Dekan adalah Drs. Danuhusodo, kemudian dilanjutkan oleh Mr. Ezidin. Fakultas ini sekaligus menandai berdirinya Universitas Muhammadiyah pertama di Indonesia.

Pada tanggal 1 September 1964 berdiri Akademi Kulliyatul Muballighin di Padang Panjang, sebagai Dekannya Drs. Djama’an Shaleh. Pada tahun 1965 ditingkatkan statusnya dan berganti nama menjadi Fakultas Ilmu Agama Jurusan Dakwah sebagai Dekannya Buya H. Haroun El- Ma’any.

Fakultas ini sempat punya cabang di Medan yang diresmikan pada tanggal 11 Pebruari 1973. Pada tahun 1964 berdiri Akademi Niaga di Bukittinggi. Kemudian pada tanggal 20 Desember 1965 ditingkatkan statusnya menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah.

Selanjutnya, ada tanggal 18 November 1965 berdiri Fakultas Adab di Padang yang terdiri dari dua jurusan yaitu Jurusan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris dengan Dekannya adalah Drs. Nur Anas Djamil. Fakultas ini hanya eksis selama satu tahun yaitu sampai 10 Desember 1966 dan kemudian terjadi kefakuman.

Berdasarkan kondisi demikian, maka pada Musyawarah Wilayah Majelis Tarjih tanggal 27 April 1967 Fakultas Adab tersebut berganti nama menjadi Fakultas Syari’ah dengan mahasiswanya berasal dari mahasiswa Fakultas Adab Jurusan Bahasa Arab. Dekan pertama yang menjabat adalah H. Darwas Idris, yang pada waktu itu menjabat Ketua Majelis Tarjih Pimpinan Muhammadiyah Wilayah Sumatera Barat.

Seiring dengan itu, pada tahun 1966 tepatnya tanggal 20 Agustus 1966 didirikan Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat di Bukittinggi. Kemudian pada tanggal 1 Maret 1967 juga didirikan Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat di Solok.

Namun, karena berbagai faktor di antaranya kurang mendapat dukungan maka Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat di Solok digabungkan dengan Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat yang ada di Bukittinggi dengan Dekan pertamanya adalah Firdaus SH.

Pada tahun 1967 itu juga tepatnya tanggal 16 Maret 1967 berdiri pula Akademi Teknik di Sawah Lunto dengan Dekannya adalah Ir. Atmoso Suhud. Namun, pada tanggal 30 Mei 1968 fakultas tersebut terpaksa ditutup karena kurangnya peminat serta kesulitan lainnya.

Dua tahun setelah itu, tepatnya tanggal 20 Desember 1969 berdiri Fakultas Tarbiyah di Padang Panjang dengan Dekan pertamanya adalah H. Haroun El-Ma’any. Pada tahun 1976 STIE Muhammadiyah berubah menjadi Akademi Manajemen dan Akuntansi (AMA).

Tahun 1983 tepatnya tanggal 5 April 1983 berdiri Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Padang Panjang yang sebelumnya bernama Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang dipimpin oleh Dekan Drs. M. Kadir.

Setahun setelah itu, yaitu pada tanggal 23 Juni 1984 berdiri Fakultas Teknik yang berlokasi di Bukittinggi dengan Dekan pertamanya adalah Ir. Lukman HB. Berdirinya fakultas ini tidak terlepas dari keberadaan dan mata rantai dari Fakultas Teknik yang sudah ada sebelumnya di Sawah Lunto tersebut.

Seiring dengan itu, pada tahun 1984 itu juga berdiri Fakultas Pertanian di Payakumbuh dengan Dekannya Ir. Ismail Nur Dt. Rajo Imbang. Selanjutnya dengan SK Menteri P dan K No.0125/0/1985 tanggal 13 Maret 1985 semua Sekolah Tinggi dan Akademi Muhammadiyah yang ada di wilayah Sumatera Barat bergabung menjadi Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

Dalam jarak 12 tahun setelah itu, yaitu pada tahun 1996 di Padang didirikan Fakultas Kehutanan dengan Dekannya adalah Dr. Ir. H. Ardinis Arbain.

Pada tahun 2002/2003 didirikan pula Program Pasca Sarjana dengan Program Studi Ilmu Agama Islam memiliki dua Konsentrasi yaitu Pendidikan Islam dan Hukum Islam dengan Direktur Prof. Dr. H. Nasrun Harun, MA.

Tiga tahun setelah berdirinya Pasca Sarjana, yaitu tahun 2005 di Bukittinggi berdiri Fakultas Kesehatan dan MIPA dengan Program Studi Manajemen Rumah Sakit, Ilmu Keperawatan yang berdiri pada tanggal 16 Agustus 2007 dan bulan berikutnya ditambah dengan program studi Kebidanan yang berdiri pada tanggal 30 April 2007 dengan Dekan pertamanya adalah Mursyid SKM,MMR.

Jurusan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

  • Fakultas Agama Islam
    – S1 – Pendidikan Agama Islam
    – S1 – Ahwal Al Syakhsiah
    – S1 – Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
    – S1 – Pendidikan Bahasa Arab
    – S1 – Bimbingan Konseling Islam
    – Lembaga Bahasa Arab Ma’ahad Zubair bin Al-Awwam
  • Fakultas Kehutanan
    – S1 – Kehutanan
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
    – S1 – Pendidikan Matematika
    – S1 – Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
    – S1 – Pendidikan Bahasa Inggris
  • Fakultas Ekonomi
    – S1 – Akuntansi
    – S1 – Manajemen
  • Fakultas Hukum
    – S1 – Ilmu Hukum
  • Fakultas Kesehatan
    – S1 – Ilmu Keperawatan
    – D.III – Kebidanan
    – D.III – Administrasi Rumah Sakit
  • Fakultas Pariwisata
    – DIV – Perhotelan
    – DIV – Usaha Perjalanan Wisata
  • Fakultas Teknik
    – S1 – Teknik Mesin
    – S1 – Teknik Sipil
    – S1 – Teknik Elektro
  • Fakultas Farmasi
    – S1 – Farmasi
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    – S1 – Ilmu Politik
  • Fakultas Pertanian
    – S1 – Agribisnis
    – S1 – Agroteknologi
  • Pasca Sarjana
    – S2 – Pendidikan Agama Islam

Visi dan Misi Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

VISI

“Menjadi universitas unggul berbasis kearifan lokal dalam pembinaan IMTAQ dan pengembangan IPTEKS untuk kesejahteraan umat”

MISI

  • Menjamin tercapainya Pendidikan dan Pembelajaran yang bermutu serta humanis.
  • Mendorong pelaksanaan Penelitian berbasis kearifan lokal untuk pengembangan iptek yang aplikatif.
  • Mendorong terselenggaranya Pengabdian kepada Masyarakat untuk kesejahteraan umat.
  • Meningkatkan nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan untuk menghasilkan insan yang beriman dan bertaqwa serta berakhlaq mulia.
  • Mengembangkan jaringan kerja sama antar lembaga internal dan eksternal Muhammadiyah yang produktif dan berkelanjutan. dan
  • Mengoptimalkan tata kelola universitas yang baik menuju peningkatan mutu yang berkelanjutan.

Baca Juga : 

Rate this post
Hanya Manusia Biasa Yang Selalu Memperbaiki Hati dan Diri