Jurusan di Singkat Universitas Multimedia Nusantara, Kabupaten Tangerang

Posted on

Penjelasan Singkat Universitas Multimedia Nusantara, Kabupaten Tangerang

Universitas Multimedia Nusantara adalah sebuah universitas yang berdiri pada tahun 2006 dengan kampus definitif yang berada di daerah Kelapa Dua Summarecon Serpong, Kabupaten Tangerang.

Universitas ini diresmikan pendiriannya pada tanggal 25 November 2005. Fokus pendidikannya adalah dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi (ICT).

Universitas ini didirikan oleh Kelompok Kompas Gramedia,[1] sebuah kelompok usaha terkemuka yang bergerak di bidang media massa, penerbitan, percetakan, toko buku, hotel, dan jasa pendidikan. Sebagai pendiri, Kompas Gramedia mendukung UMN tidak saja dalam hal penyediaan sarana fisik tetapi juga tenaga pengajar dan sarana kerja magang bagi mahasiswanya.

Logo Universitas Multimedia Nusantara, Kabupaten Tangerang

Sejarah Universitas Multimedia Nusantara, Kabupaten Tangerang

Universitas Multimedia Nusantara didirikan atas prakarsa Dr. (HC) Jakob Oetama, perintis Kompas Gramedia. Prakarsa tersebut selanjutnya direalisasikan oleh jajaran pimpinan Kompas Gramedia, yaitu: Agung Adiprasetyo (CEO Kompas Gramedia), Teddy Surianto (Business Development), jajaran Board of Directors Kompas Gramedia dan panitia pendiri yang dipimpin oleh Dr. Ir. P.M. Winarno (Ketua) dan Ir. Budi Susanto, M.M. (Wakil Ketua).

Selanjutnya pada tanggal 25 November 2005, izin operasional Universitas Multimedia Nusantara diterbitkan oleh Menteri Pendidikan Nasional RI dan pada tanggal 20 November 2006, UMN secara resmi diluncurkan dalam sebuah acara di Hotel Santika, Jakarta dan diresmikan oleh Dr. Ir. Dodi Nandika Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan Nasional.

Rektor UMN dijabat oleh Prof. Yohanes Surya, Ph.D.(2006-2011), seorang fisikawan yang terkenal dengan kiprahnya membawa Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) ke ajang Olimpiade Fisika Internasional.

Sebelum kampus definitifnya berdiri, UMN berkantor dan beroperasi di Gedung Wisma BNI 46, selanjutnya pada bulan Agustus 2008 pindah ke Plaza Summarecon Serpong.

Pada tanggal 5 September 2008, dilakukan pemancangan tiang pancang di lokasi kampus definitifnya[2] dan mulai tahun akademik 2009/2010 UMN menempati kampus baru di lahan seluas 8 hektare yang terletak di kawasan Scientia Garden, Summarecon Serpong, Tangerang, Banten. Kampus UMN tahap pertama ini terdiri dari gedung perkuliahan (5 lantai) dan gedung rektorat (8 lantai), luas total gedung adalah 17.000 m2.

Pada tanggal 25 Maret 2011, Dr. Ninok Leksono menggantikan Prof. Yohanes Surya, Ph.D. sebagai Rektor Universitas Multimedia Nusantara. Dr. Ninok Leksono adalah wartawan senior Harian Kompas dan anggota Dewan Riset Nasional (DRN).

Pada tanggal 29 April 2011, Yayasan Multimedia Nusantara memulai pembangunan kampus tahap 2, berupa 5 menara bergaya ecofriendly.[3] Setelah 5 tahun berdiri, tanggal 26 November 2011, UMN melaksanakan wisuda perdana yang diikuti oleh 75 orang wisudawan.

Mereka terdiri atas 6 mahasiswa akuntansi, 16 orang dari desain komunikasi visual, 25 orang dari ilmu komunikasi, 3 orang dari sistem informasi, 5 orang dari sistem komputer, 17 orang dari teknik informatika, dan 3 orang dari manajemen.

Jurusan di Universitas Multimedia Nusantara, Kabupaten Tangerang

  • Fakultas Ilmu Komunikasi
    – Program Studi Multimedia Journalism
    – Program Studi Komunikasi Strategis
  • Fakultas Seni dan Desain
    – Program Studi Desain Komunikasi Visual (Visual Communication Design)
  • Fakultas Teknik dan Informatika
    – Program Studi Informatika (Computer Science)
    – Program Studi Teknik Komputer (Computer Engineering)
    – Program Studi Sistem Informasi (Information System)
    – Program Studi Teknik Fisika (Engineering Physics)
    – Program Studi Teknik Elektro (Electrical Engineering)
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    – Program Studi Manajemen (ICT Business Management)

Visi dan Misi Universitas Multimedia Nusantara, Kabupaten Tangerang

Visi

Universitas Multimedia Nusantara menjadi perguruan tinggi unggulan di bidang ICT, baik di tingkat nasional maupun internasional, yang menghasilkan lulusan berwawasan internasional dan berkompetensi tinggi di bidangnya (berkeahlian) yang disertai jiwa wirausaha serta berbudi pekerti luhur.

Misi

Turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan kesejahteraan bangsa melalui upaya penyelenggaraan pendidikan tinggi dengan melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat), untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Sambutan Rektor

Pendiri UMN, Bapak Dr (HC) Jakob Oetama sering mengatakan, bahwa “pintar saja tidak cukup”. Kita lengkapkan maksud kalimat itu, “pintar saja tidak cukup untuk menjadi orang yang sukses dalam kehidupan.”Tentu definisi sukses untuk masing-masing orang berlainlainan,

tetapi kurang lebih yang dimaksud oleh Bapak Jakob adalah sukses sebagai insan yang lengkap, pandai di bidang akademik, tetapi juga berhasil dalam relasinya dengan sesama. Tidak kalah penting, berkembang pula bakat-bakat yang ia miliki.

Selaku pimpinan Universitas, saya mendorong para mahasiswa untuk mencapai sukses yang lengkap, yang dicerminkan oleh keberhasilan dalam studi, tetapi sekaligus juga dalam aktualisasi diri. Kehidupan di kampus kiranya bisa memfasilitasi kebutuhan untuk mengembangkan diri bagi para mahasiswa.

Dinaungi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, dikoordinasi oleh Badan Eksekutif Mahasiswa, UMN memberi ruang seluas-luasnya bagi mahasiswa untuk ambil bagian dalam kehidupan kampus yang aktif dan konstruktif. Yang senang bermusik bisa ikut paduan suara Ultima Sonora, atau bergabung dengan orkestra atau band yang ada di kampus.

Yang senang menari ada berbagai ragam tari tradisi dari berbagai daerah di Indonesia. Dan yang senang mempelajari bahasa bisa belajar bahasa Korea atau memperdalam bahasa Inggris.

Sambutan Rektor Universitas Multimedia Nusantara Selain seni dan bahasa, BEM dan KBM sendiri sesungguhnya merupakan ajang bagi mahasiswa untuk mengembangkan bakat berorganisasi. Yang terakhir ini bahkan membuka peluang bagi mahasiswa untuk mempelajari dan mengembangkan bakat kepemimpinan.

Perlu disadari pula, bahwa dalam pengembangan kepemimpinan ini termasuk pula pengembangan kepedulian (terhadap urusan atau masalah orang lain). Ini sungguh kesempatan yang berharga, dan sebaiknya tidak dilewatkan oleh mahasiswa.

Jadikan kegiatan di kampus semasa menjadi mahasiswa sebagai bagian dari bekal yang bermanfaat untuk mendampingi ilmu dan pengetahuan akademik yang menjadi citacita utama untuk hadir di universitas.

Baca dan jadikan pula Uscope sebagai medium untuk berkomunikasi dan berinteraksi, sehingga akan semakin lengkaplah dimensi kehidupan kampus yang diperoleh semasa mahasiswa. Pimpinan UMN yakin, bahwa masyarakat dan bangsa Indonesia membutuhkan insan-insan yang selain cerdas juga memiliki warna yang humanis dan peduli pada sesama.

Baca Juga:

Rate this post
Hanya Manusia Biasa Yang Selalu Memperbaiki Hati dan Diri