Arti Assalamualaikum Ukhti Yang Tepat

Posted on

Sering Dengar Assalamualaikum, Ukhti? Artinya ini yang Tepat

Berada di negara dengan jumlah populasi pemeluk agama Islam terbesar di dunia, sapaan dengan kata ukhti tentu sering didengarkan. Sesama Muslim perempuan, ukhti memang sangat kerap dipakai agar memberikan kesan intim. Termasuk memahami Assalamualaikum, ukhti artinya yang ternyata bukan hanya sekadar sapaan tapi juga rangkaian doa yang tulus.Arti Assalamualaikum Ukhti

Dalam agama Islam, nilai-nilai luhur memang senantiasa diajarkan tak hanya ketika beribadah tapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Islam menganjurkan untuk semua pemeluknya saling memuliakan orang lain. Tentu bagi Anda yang ingin hidup dalam koridor syariat Islam yang sesuai aturan Al-Quran, mulai menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik dalam kehidupan adalah keharusan.

Selain memantaskan diri dalam memperbaiki agama dan penampilan, tingkat ketaqwaan seorang Muslim dan Muslimah juga bisa dilihat dari tutur katanya. Tentu untuk Anda yang siap hijrah menjadi pribadi yang lebih baik, tak ada yang salah dengan membiasakan diri menggunakan kata Assalamualaikum, ukhti setiap kali berjumpa dengan sesama Muslimah lainnya.


Makna Umum dari Assalamualaikum Ukhti artinya

Untuk bisa mengetahui apa sih Assalamualaikum, ukhti artinya, Anda tentu harus paham jika kalimat itu diambil dari bahasa Arab. Bagi umat Islam, kata Assalamualaikum bukanlah sesuatu yang asing karena ini adalah salam sekaligus sapa yang lumrah dikatakan kepada sesama Muslim. Secara lengkap, salam itu berbunyi Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Makna dari kalimat berbahasa Arab itu adalah Semoga Allah SWT melimpahkan keselamatan, rahmat dan keberkahan untukmu. Terdengar seperti doa yang tulus, Assalamualaikum akhirnya dibiasakan untuk diucapkan sejak Muslim atau Muslimah masih berusia belia.

Sementara untuk ukhti, merupakan sapaan terhadap sesama saudara perempuan Islam. Dalam Islam, mengucapkan Assalamualaikum adalah sesuatu yang bersifat sunnah, sehingga tentu dianjurkan dilakukan demi menambah pahala baik. Ketika kalimat baik itu diberi tambahan ukhti, tentu persaudaraan sesama Muslimah akan lebih erat terjalin.

Kedua kata yang terdengar sederhana ini jelas bisa membuat seorang Muslimah menjadi pribadi yang lebih baik dan sesuai tuntunan agama Islam. Sehingga jika disimpulkan, Assalamualaikum, ukhti artinya adalah sebuah kata sapa sekaligus doa baik yang diucapkan kepada sesama Muslimah ketika berjumpa.


Fungsi Membiasakan Diri Mengucap Assalamualaikum Ukhti Kepada Sesama

Melalui penjelasan Assalamualaikum, ukhti artinya di atas, Anda tentu bisa memahami betapa ajaran Islam begitu indah termasuk dengan hubungan antar sesamanya. Namun lagi-lagi, kalimat sapa itu bukanlah hanya sekadar sapaan atau salam di awal pembicaraan saja. Beberapa fungsi berikut ini akan makin menguatkan keistimewaan Islam:

  1. Dengan mengucapkan dan memahami Assalamualaikum, ukhti artinya secara tepat, Anda akan tahu kalau kalimat itu adalah simbol persaudaraan sesama Muslimah sekalipun baru pertama kali berkenalan
  2. Kasih sayang tidaklah harus melalui untaian kata-kata cinta nan berima. Namun melalui Assalamualaikum, ukhti, Anda juga sudah menyalurkan rasa kasih lantaran kalimat itu adalah untaian doa yang tulus
  3. Karena Assalamualaikum sendiri merupakan sebuah doa, maka membiasakan diri mengucapkannya saat berjumpa Muslimah lain adalah bukti kalau Anda mendoakan orang lain agar terus terlindungi oleh limpahan berkah Allah SWT

Bagaimana? Sungguh istimewa sekali bukan mempelajari sekaligus memahami Assalamualaikum, ukhti artinya secara tepat termasuk fungsinya? Dengan begitu sebagai Muslimah, Anda bisa mulai membiasakan diri untuk mengucapkan kalimat indah yang adalah doa itu kepada sesama akhwat (saudara perempuan Islam). Sehingga dengan demikian, lisan akan terbiasa berucap doa sekaligus menambah pahala baik di manapun Anda berada.

Hanya Manusia Biasa Yang Selalu Memperbaiki Hati dan Diri