Bahasa Arab Sama-Sama Sekaligus Terima Kasih yang Tepat

Posted on

Mendengarkan umat Islam mengucapkan bahasa Arab dalam kesehariannya bukanlah hal asing. Karena bahasa Arab memang menjadi bahasa peribadatan yang digunakan dalam Al-Quran. Namun tidak hanya untuk berdoa, bahasa Arab juga sering dipakai umat Islam dalam percakapan entah mengucapkan terima kasih atau sekadar bahasa Arab sama-sama antar Muslim atau Muslimah.bahasa Arab sama-sama

Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk pemeluk agama Islam terbesar di dunia, pun banyak menggunakan kata-kata sederhana dalam bahasa Arab dalam keseharian masyarakatnya. Misalkan saja  ucapan syukron untuk berterima kasih, atau afwan sebagai permintaan maaf. Hal ini jelas semakin memperluas cakupan bahasa Arab dalam kancah global.

Sekadar informasi, bahasa yang merupakan rumpun bahasa Semit ini sebetulnya digunakan lebih dari 280 juta orang di seluruh dunia. Bahkan bahasa Arab menjadi bahasa resmi dari 25 negara yang sebagian besar berada di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara. Untuk itulah mempelajari bahasa Arab tentu menjadi sebuah kegiatan yang cukup menarik.


Orang Indonesia Terbiasa dengan Bahasa Arab

Kembali lagi pada fakta bahwa pemeluk agama Islam di Indonesia sangat besar, menjadikan kosakata bahasa Arab tidaklah asing di Tanah Air. Beberapa kata seperti syukron (terima kasih), ikhwan (laki-laki) atau akhwat (perempuan) menjadi ucapan yang kerap didengar selain Assalamualaikum, Astaghfirullah atau Alhamdulillah yang sudah sangat lazim menjadi percakapan umum.

Kendati memang pengucapan bahasa Arab secara harian tidak menjadi indikator religius seseorang, tetap saja beberapa kata berbahasa Arab diucapkan untuk terdengar lebih familiar terutama sesama Muslim. Hal ini pula yang membuat beberapa ucapan dalam bahasa Arab sering menjadi pengganti dalam percakapan harian seperti yang sangat sering dipakai adalah syukron.

Syukron sendiri sama seperti thank you dalam bahasa Inggris yang bermakna terima kasih, serta diucapkan ketika memperoleh bantuan dari orang lain. Dan ketika memperoleh bantuan, biasanya akan disertai pula dengan kata ’sama-sama’ oleh si pemberi pertolongan yang dalam bahasa Inggris diungkapkan dengan you’re welcome atau anytime.

Nah jika bahasa Indonesia membalas ’sama-sama’ untuk terima kasih, apa sih bahasa Arab sama-sama itu sendiri? Rupanya Anda bisa memilih menggunakan kata afwan. Hanya saja afwan di sini tidak berarti harfiah sebagai permintaan maaf, melainkan sebagai bentuk kerendahan hati dari si pemberi pertolongan karena hanya bisa melakukan seperti itu saja, lantaran Allah Maha Pemberi.


Afwan Merupakan Bahasa Arab Sama-Sama

Dengan afwan yang diucap setelah syukron berarti bahasa Arab sama-sama, Anda tak perlu bingung. Seperti yang sudah disinggung, afwan bertindak sebagai pengingat agar setiap Muslim senantiasa rendah hati sekalipun sudah memberikan pertolongan. Lewat ucapan maaf dalam afwan, kita mengkoreksi diri bahwa pertolongan yang diberikan tidaklah sebanding dengan nikmat yang Allah SWT limpahkan.

Makna afwan sebagai bahasa Arab sama-sama ini juga diperkuat oleh pendapat para ahli ulama bahasa Arab. Dimana setidaknya ada lima makna berbeda dari afwan yakni ziyadah (tambahan), fadhl (keutamaan), udzru (maaf), tholab (permohonan) dan tarku (meninggalkan). Dalam bahasa Arab sendiri, jika ada kalimat singkat dengan kata tersembunyi, kerap disebut sebagai mahdzuf yang berarti perkiraan.

Karena itulah ketika kita menolong seseorang dan si penerima mengucap syukron, sudah sebaiknya untuk mengucapkan afwan sebagai bahasa Arab sama-sama. Selain memang memiliki makna tambahan sekaligus keutamaan, afwan juga menjadi pengingat untuk senantiasa tidak tinggi hati sekalipun sudah memberi pertolongan kepada orang lain. Karena bagaimanapun pertolongan itu, datang dari Allah SWT.

Hanya Manusia Biasa Yang Selalu Memperbaiki Hati dan Diri