Bacaan Sholawat Nabi 1000 Kali

Posted on

Sahabat muslim yang budiman, terdapat banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh jika membaca sholawat. Sholawat ini bisa diucapkan kapan saja, ada juga orang-orang yang mencari mengenai bacaan sholawat nabi 1000 kali dan berharap memperoleh banyak manfaat dari sholawat.Bacaan Sholawat Nabi 1000 Kali


Bacaan Sholawat Nabi 1000 Kali

Sholawat adalah dzikir yang dianjurkan untuk dibaca bagi siapa saja secara istiqamah. Sholawat merupakan bentuk cinta dari umat Islam kepada Rasulullah. Membaca sholawat juga akan membantu hamba Allah untuk selalu mengingat dan lebih dekat dengan-Nya.

Di dalam kitab Kanzun Najah Wa Surur dikatakan bahwa terdapat banyak bacaan sholawat sampai 120.000 macam. Salah satu keutamaan bersholawat juga dikatakan oleh Rasulullah dalam hadis mengenai apabila muslim bersholawat satu kali, maka Allah SWT akan membalasnya 10 kali.

Di dalam kitab Afdhalush Shalawat ‘Ala Sayyid As-Sadat, Syaikh Yusufbin Ismail an-Nabhani menyebutkan bahwa bacaan sholawat yang paling sempurna yaitu sholawat ibrahimiyyah.

Bahkan para ulama juga mengakatakan, apabila orang membaca sholawat ibrahimiyyah sebanyak 1000 kali dalam satu malam, maka dalam hidupnya seseorang tersebut dapat bermimpi bertemu Rasulullah SAW minimal sekali.

وَذَكَرَ بَعْضُهُمْ اَنَّ قِرَاءَتَهَا اَلْفَ مَرَّةٍ تُوْجِبُ رُؤْيَةَ النَّبِي صَلَّي اللهُ عَلَيْهَ وَسَلَّمْ

“Sebagian ulama berkata bahwa membaca sholawat Ibrahimiyyah ini 1000 kali maka membuat orang yang membaca dapat berjumpa Rasulullah SAW dalam mimpinya.”

Sholawat ini bisa dibaca kapan saja, namun diutamakan di malam Jumat. Apabila sahabat muslim ingin melakukannya kira-kira akan selesai dalam waktu 3 sampai 4 jam.

Saat sahabat muslim memiliki hajat yang besar maka bisa membaca sholawat tersebut sebanyak 1000 kali dalam waktu 41 hari berturut-turut.

رُوِيَ عَنِ النبي قَالَ مَنْ صَلى عَلَيَّ فِى الْيَوْمِ مِائَةَ مَرَّةٍ قَضَى اللَّهُ لَهُ مِائَةَ حَاجَةٍ سَبْعِيْنَ مِنْهَا فِيْ الآخِرَةِ وَثَلاَثِيْنَ مِنْهِا فِي الدُّنْيَا

Diriwayatkan dari Nabi SAW, beliau berkata : “siapa yang bersholawat kepadaku 100 kali setiap hari maka Allah SWT akan memenuhi 100 hajatnya, 70 di akhirat dan 30 hajat dunia.”


Bacaan Sholawat Ibrahimiyyah

Tujuan dasar membaca sholawat yaitu agar ketika hari kiamat seorang muslim bisa memperoleh syafaat Nabi Muhammad saw. Terdapat beberapa macam sholawat yang diriwayatkan oleh ulama, salah satu sholawat tersebut adalah sholawat ibrahimiyyah.

Sholawat ibrahimiyyah adalah bacaan sholawat yang terdapat dalam shalat, yaitu dibaca saat selesai tahiyat akhir. Sahabat muslim juga dapat membaca bacaan sholawat nabi 1000 kali. Berikut merupakan bacaan sholawat ibrahimiyyah, yaitu:

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما صَلَّيْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وعلى آلِ إبْراهِيمَ، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ كما بَاركْتَ عَلَى إبْرَاهِيمَ وَعَلَى آل إبراهيم في العالَمِينَ إنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada Nabi Muhammad dan kepada keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat kepada Nabi Ibrahim dan keluarga Nabi Ibrahim. Limpahkan pula keberkahan bagi Nabi Muhammad dan bagi keluarga Nabi Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan keberkahan bagi Nabi Ibrahim dan bagi keluarga Nabi Ibrahim. Sesungguhnya di alam semesta Engkau Maha Terpuji dan Maha Agung.”


Keutamaan Sholawat Ibrahimiyah

Seorang muslim yang membaca serta mengamalkan sholawat ibrahimiyyah setiap hari secara ikhlas, maka bisa memperoleh keutamaan. Beberapa keutamaan dari membaca sholawat ibrahimiyyah, yaitu:


1. Diutamakan oleh Rasulullah di Hari Kiamat

Barang siapa yang besholawat kepada Allah, maka orang tersebut akan diutamakan ketika hari kiamat.

Hal tersebut juga terdapat dalam sebuah hadits, yaitu: “Sesungguhnya lebih utama bagiku manusia besok pada hari kiamat, adalah mereka yang lebih banyak membaca Salawat kepadaku.” (HR. Turmudzi dari Ibn’ Mas’ud Ra).


2. Memperoleh Syafaat Rasulullah

Sahabat muslim yang konsisten dalam membaca sholawat ibrahimiyyah, maka akan memperoleh syafaat dari Rasulullah ketika hari kiamat nanti.

3. Allah Mengangkat Derajatnya

Di dalam sebuah hadis dijelaskan jika seorang muslim yang membaca bacaan sholawat ibrahimiyyah, maka seseorang tersebut akan diangkat sepuluh derajat, serta dihapus sepuluh keburukan yang dilakukannya oleh Allah SWT.

Seperti yang sudah sahabat muslim ketahui bahwa bacaan sholawat ibrahimiyyah ini terdapat dalam bacaan shalat.

Insya Allah, orang-orang yang tekun serta rajin dalam menjalankan ibadah shalat dengan niat untuk beribadah kepada Allah SWT, akan memperoleh keutamaan serta manfaat sholawat ibrahimiyyah yang dibaca setiap hari saat shalat.

Beberapa manfaat yang bisa sahabat muslim peroleh dari membaca sholawat ibrahimiyyah setiap hari, yaitu:

  • Merasakan nikmatnya melakukan dzikir, sehingga akan muncul rasa cinta serta kepekaan kepada Allah SWT dan Rasulullah.
  • Giat untuk menjalankan ibadah untuk Allah SWT.
  • Merasa hati selalu tentram dan nyaman dalam menjalani kehidupan. Allah juga akan memberikan keselamatan di akhirat nanti.
  • Merasa gembira, lapang, dan renang.
  • Memperoleh rahmat serta ridho dari Allah SWT.
  • Menumbuhkan cahaya di wajah serta di hati.
  • Memperkuat keyakinan yaitu hati dan badan.
  • Selamat dari berbagai macam godaan jahat.
  • Bertambah muroqobah kepada Allah SWT. Muroqobah yaitu merasa seolah-olah melihat Allah ketika melakukan ibadah.
  • Bentuk penyembuhan dari berbagai macam penyakit atas izin yang Allah berikan.
  • Selamat saat menghadapi pertempuran dengan musuh Allah.
  • Apabila ada bahaya yang datang, maka atas izin Allah bisa selamat dan diberikan perlindungan-Nya.
  • Untuk mempercepat tercapainya cita-cita dan mendatangkan segala macam hajat.

Di dalam QS. Yasin:82 diterangkan bahwa Allah dapat dengan mudah menciptakan sesuatu. Jika Allah menghendaki untuk menciptakan, maka Allah hanya cukup berfirman, “Jadilah”. Allah tidak akan merasa kesusahan untuk melakukan hal-hal, termasuk doa yang sahabat muslim selalu panjatkan.

Jadilah atau kun fayakun memiliki makna sebagai ungkapan, bahwa Allah mampu menciptakan segala sesuatu tanpa kesulitan dan tanpa ada yang menghalangi. Allah SWT bisa menciptakan segala sesuatu dengan mudah, apabila Ia menghendaki.

Sesuatu tersebut bisa dengan cepat terlaksana, tanpa adanya penundaan. Oleh karena itu, sahabat muslim harus percaya dengan kebesaran Allah SWT dan manfaat-manfaat yang bisa diperoleh dalam melakukan ibadah kepada-Nya, termasuk membaca sholawat.

Sahabat muslim yang selalu berusaha untuk konsisten dalam melakukan ibadah, maka jika Allah menghendaki permohonan yang terlihat sulit juga akan sangat mudah bagi Allah SWT. Beribadahlah semata-mata hanya untuk Allah SWT.

Ada banyak keutamaan serta manfaat yang bisa diperoleh oleh sahabat muslim saat membaca sholawat. Membaca sholawat adalah bentuk cinta dari umat Islam, sehingga bacalah sholawat secara sungguh-sungguh dan selalu mengharap keridhoan dari Allah SWT.

Hanya Manusia Biasa Yang Selalu Memperbaiki Hati dan Diri