Contoh Kalimat Isim Isyarah

Posted on

Isim Isyarah dalam bahasa Indonesia adalah ini dan itu. Jika dalam bahasa Inggris adalah “demonstrative pronoun” (this and that). Secara mudahnya, mungkin Anda bisa mengenal ini dengan sebutan kata tunjuk.

Dalam bahasa Indonesia, mungkin tidak memerlukan banyak kaidah untuk menunjuk sesuatu. Namun berbeda konteksnya jika sudah di dalam bahasa Arab. Isim ini berguna untuk menunjukkan seperti apa posisi sebuah benda sekaligus dengan jumlah dan jenis kelaminnya. Jenis kelamin sendiri terdiri dari muannats dan mudzakkar. Sementara itu, untuk jumlah terdiri atas jamak, mufrad, dan mutsanna.

Pengertian Isim Isyarah

Kata tunjuk (Isyarah) adalah penggolongan kata dalam kaidah ejaan bahasa Arab yang berfungsi sebagai penunjuk. Penunjuk disini meliputi semua aspek tunjukan, baik yang letaknya berada di dekat saja, atau jauh sekalipun.

Jenis isim yang satu ini lebih akrab di telinga orang-orang sebagai “kata tunjuk”. Pemberian kata tunjuk versi bahasa Arab ini akan terpengaruh dari faktor jenis kelamin, yaitu muannats (perempuan) dan mudzakkar (laki-laki).

Selain itu, seperti yang sempat disinggung di atas tadi penggunaan kata tunjuk dalam bahasa Arab akan memperhatikan dari jumlahnya pula. Jika di dalam bahasa Indonesia adalah tunggal dan jamak, sedangkan versi bahasa Arabnya adalah mufrad, mutsanna, dan jamak. Berikut pembagian isim isyarah:

Lihat Juga ; Contoh Isim Fa’il

1. Ismul Isyarati Lil Qaribi Mudzakkar

Mudzakkar merupakan sebutan untuk laki-laki dalam bahasa Arab. Ini artinya Ismul Isyarati Lil Qaribi Mudzakkar adalah isim yang berfungsi untuk menunjuk benda yang mempunyai jenis kelamin laki-laki dan posisi benda tersebut masih dekat.

Ada tiga kata tunjuk untuk pembagian ini Ismul Isyarati Lil Qaribi Mudzakkar, yaitu هذا  untuk kata tunggal (mufrad), هذانِ  untuk kata ganda/dua orang (Mutsanna), dan هؤلاء untuk banyak benda (jamak).

Untuk pengaplikasian Ismul Isyarati Lil Qaribi Mudzakkar dalam sebuah kalimat, juga terdapat format tersendiri berdasarkan tunggal, jamak, dan mutsanna tadi. Agar lebih jelas, maka Anda bisa simak contoh dibawah ini.

Bahasa Arab dari guru (laki-laki) adalah مدرس. Maka inilah contoh kalimat yang menunjukkan guru laki-laki ini.

Tunggal: هذا مدرس = Ini seorang guru (pria)

Ganda: هذان مدرسان = Ini adalah 2 orang guru (pria)

Jamak: هؤُلَاءِ مدرسون = Ini adalah 3-lebih guru (pria)

2. Ismul Isyarati Lil Qaribi Muannats

Jenis Isim Isyarah selanjutnya adalah Ismul Isyarati Lil Qaribi Muannats. Isim ini adalah kata yang berfungsi untuk menunjukkan benda yang berjenis kelamin perempuan dengan posisi atau letak masih terbilang dekat. Terjangkau dari tangan dan tubuh.

Sementara itu, untuk pembagian Ismul Isyarati Lil Qaribi Muannats juga ada 3 macam, yaitu, هذه untuk mufrad/tunggal, هاتانِ  untuk mutsanna/ganda, dan هؤُلَاءِ untuk jamak.

Langsung saja kita lihat contoh berikut ini: bahasa Arab guru (perempuan) adalah مدرسة , contoh penggunaan isim tunjuk dalam kalimatnya,

Tunggal: هذه مدرسة = Ini seorang guru wanita

Ganda: هاتانِ مدرستان = ini 2 0rang guru wanita

Jamak: هؤُلَاءِ مدرسات = Ini adalah 3-lebih guru wanita.

Lihat Juga ; Contoh Isim Maf’ul

3. Ismul Isyarati Lil Ba’iidi Mudzakkar

Selanjutnya ada Ismul Isyarati Lil Ba’iidi Mudzakkar. Isim Isyarah yang satu ini berfungsi untuk menunjukkan benda berjenis kelamin laki-laki yang letaknya jauh. Untuk pembagiannya ada 3 macam pula, yaitu, ذلكَ untuk mufrad, ذانك untuk mutsanna, dan أُولئكَ untuk jamak.

Langsung ke contoh, dengan bahasa Arab guru laki-laki: مدرس

Tunggal: ذلكَ مدرس = Itu seorang guru laki-laki

Mutsanna: ذانك مدرسان = Itu dua orang guru laki-laki

Jamak: أُولئكَ مدرسون = Itu 3-lebih guru laki-laki.

4. Ismul Isyarati Lil Ba’iidi Muannats

Ismul Isyarah sebagai kata tunjuk benda yang berjenis kelamin perempuan dan berlokasi jauh. Ada tiga pembagiannya, yaitu, تِلْكَ untuk mufrad, تانِكَ untuk mutsanna, dan أُولَئِكَ untuk jamak.

Pengaplikasiannya dalam kalimat bisa Anda simak dari contoh berikut. Bahasa Arab guru perempuan: مدرسة.

Mufrad: تِلْكَ مدرسة = Itu seorang guru wanita

Mutsanna: تانِكَ مدرستان = Itu dua orang guru wanita

Jamak: أُولَئِكَ مدرسات = Itu 3-lebih guru wanita

Begitulah kiranya penjelasan terkait Isim Isyarah atau kata tunjuk dalam Bahasa Arab ini. Semoga dengan mengetahui pengertian, jenis dan contoh dari Isim tersebut, maka Anda bisa lebih mudah dalam mempelajari bahasa Arab.

Lihat Juga ; Nahwu Shorof Adalah

Hanya Manusia Biasa Yang Selalu Memperbaiki Hati dan Diri