Contoh Isim Muzakkar

Posted on

Isim Mudzakkar masih menjadi kaitan yang sangat erat dalam kaidah ejaan bahasa Arab. Mudzakkar sendiri mempunyai arti secara bahasa adalah laki-laki.

Lawan dari mudzakkar adalah isim muannats yang merupakan kata atau istilah yang masuk ke dalam golongan perempuan. Jika demikian, sudah bisa Anda pastikan sendiri apabila pengertian dari Isim jenis Mudzakkar ini adalah kata yang masuk golongan pria.

Nah, untuk memperjelas hal tersebut, mari kita telaah bersama-sama.

Pengertian dari Isim Mudzakkar

Tidak begitu jauh dari kaidah bahasa Indonesia, dalam bahasa Arab juga terdapat istilah kata benda dan kata kerja. Hanya saja kata benda dalam bahasa Arab ini terbagi berdasarkan jenis kelamin, laki-laki atau perempuan.

Maka dari itu, isim bisa kita artikan suatu kata benda (nama), sedangkan mudzakkar berarti laki-laki. Dengan ini bisa kita ambil kesimpulan apabila isim jenis mudzakkar ini merupakan istilah atau nama yang digunakan untuk menggambarkan suatu benda yang berjenis kelamin laki-laki (maskulin).

Kata benda atau istilah yang tidak termasuk ke dalam ismun mudzakkar ini maka akan masuk ke jenis yang satunya, yakni isim muannats (perempuan). Untuk membedakannya, kedua jenis isim ini tentu mempunyai ciri-ciri yang menonjol.

Nah, karena kata benda laki-laki adalah pembahasan utama kali, maka ada baiknya, jika kita juga mengulas ciri-cirinya. Untuk kata benda bahasa Arab yang tergolong ke dalam ismun mudzakkar adalah sebagai berikut.

Lihat Juga ; Contoh Kalimat Isim Isyarah

Ciri-Ciri Ismun Mudzakkar

  1. Semua nama yang tidak termasuk (selain) golongan muannats, maka akan tergolong ke dalam isim mudzakkar ini.

Contohnya adalah: قَلَمٌ (qalamun – pena), مُحَمَّدٌ (Muhammad), اُسْتَاذٌ (ustadzun – Guru), كُرْسِيٌّ (kursiyyun – kursi), باُبٌ (baabun – pintu), رَجُلٌ (rajulun – orang laki-laki), اَسَدٌ (asadun – singa), جَمَلٌ (jamaun – unta), لَيْلٌ (lailun – malam).

  1. Ciri kedua, merupakan suatu nama yang tidak mengandung ta’ marbutah (ة ), sudah pati adalah mudzakkar. Namun, nantinya akan ada beberapa pengecualian. Kita bisa simak contohnya dulu.

Contoh: مُسلِمُ ( muslimun – seorang muslim), بَقَرٌ (baqarun – sapi), اِبْنٌ (ibnun – anak), كِتَابُ (kitaabun – buku), عِمْرَانُ (Imran).

Sedangkan untuk pengecualian isim mudzakkar, ada dua jenis, yakni:

Terdapat beberapa isim yang mempunyai tanda muannats namun termasuk ke dalam golongan mudzakkar. Contohnya adalah seperti dalam nama orang:

أُسَامَةُ – Usamah

طَلْحَةُ – Thalhah

حَمْزَة – Hamzah

مُعَاوِيَة – Muawiyah

Kedua, Ada beberapa kata atau istilah yang termasuk dalam mudzakkar tetapi juga bisa termasuk ke dalam isim muannats. Contohnya adalah عَيْنٌ (mata), أُذُنٌ (udzunun).

Hal ini lantaran mata dan telinga adalah berjumlah 2 atau berpasangan, maka juga dihukumi muannats. Kaidah dan contoh ini juga akan berlaku untuk seluruh nama tempat, negara atau wilayah yang juga termasuk muannats.

Lihat Juga ; Contoh Isim Fa’il

Pembagian Isim Mudzakkar

Dalam kaidah ejaan bahasa Arab yang benar, ismun mudzakkar terbagi menjadi dua bagian yaitu, Mudzakkar Haqiqi dan mudzakkar Majazi.

Mudzakkar Haqiqi merupakan lafal atau istilah yang menunjukkan sebuah nama berjenis kelamin laki-laki, baik itu manusia atau hewan.

Contoh: طَيَّارٌ (Thairun – burung), عَبْدُاللّه (Abdullah), شَيْفُ اللّه (Syaifullah), اُسْتَاذٌ (ustadzun – guru), طَلْحَة (Thalhah), dll.

Kedua, Mudzakkar Majazi merupakan lafal atau istilah yang menunjukkan sesuatu benda yang dihukumi seperti lelaki meski sebenarnya bukanlah seorang lelaki. Biasanya ini adalah untuk menghukumi suatu benda.

Contohnya: نَعْلٌ (Na’lun – sandal), كُرْسِيٌّ (Kursiyyun – kursi), مِصْبَاحٌ (Mishbahun – Lampu), قَلَمٌ (Qalamun – pena), بَيْتٌ (baitun – rumah), dll.

Lihat Juga ; Contoh Isim Maf’ul

Cara Membedakan Isim Mudzakkar dan Muannats

Ternyata Isim Mudzakkar dan Muannats memiliki perbedaan. lantas bagaimana cara untuk membedakanya?  Berikut penjelasan selengkapnya.

Biasanya pada isim Muannats memiliki ciri ta marbutah. Sementara itu, pada isim Mudzakkar tidak memiliki ta marbutah pada katanya.

Perbedaan selanjutnya adalah pada isim Muannats biasanya dipakai sebagai isim yang menunjukkan jenis kelamin perempuan. Sedangkan untuk golongan isim mudzakkar merupakan isim yang dipakai untuk menunjukkan jenis kelamin laki-laki.

Nah, demikianlah penjelasan terkait isim mudzakkar atau kata yang berjenis kelamin laki-laki. Dengan mengetahui tentang isim ini, maka Anda bisa lebih mudah dalam membedakan kata yang berjenis kelamin laki-laki maupun perempuan. Semoga apa yang disampaikan ini bermanfaat dan senantiasa mendapatkan berkah dari-Nya atas segala pengetahuan kita.

Lihat Juga ; Nahwu Shorof Adalah

Hanya Manusia Biasa Yang Selalu Memperbaiki Hati dan Diri