Syawal Penyempurna Ramadanku

Posted on

puasa syawal

Kepergian bulan Ramadan meninggalkan beberapa kesedihan bagi umat Islam, beberapa orang merasa sedih sebab harus berpisah dengan bulan yang penuh ampunan, beberapa juga sedih sebab tidak bisa memaksimalkan keutamaan pada bulan Ramadan.

Mungkin bulan Syawal dapat menjadi obat bagi kesedihan umat Islam, sebab di dalamnya banyak keutamaan yang dapat kita amalkan, maka tak salah jika bulan Syawal dikatakan bulan penyempurna amalan bulan Ramadan.

Keutamaan Puasa Syawal

Berikut beberapa keutaman bulan Syawal yang dapat kita amalkan :

  1. Puasa Enam Hari

Dikutip dari Minanews.net, dalam kitab “Lathaful Maa’rif” karya Al-Imaam Ibnu Rajab, mengungkapkan beberapa hikmah yang didapatkan seorang hamba ketika menyempurnakan ibadah puasa Ramadannya dengan berpuasa selama enam hari pada bulan Syawal.

Pertama, puasa pada bulan Syawal dapat menyempurnakan pahala puasa pada bulan Ramadan dengan pahala puasa selama satu tahun.

Kedua, puasa pada bulan Syawal ibarat shalat sunnah yang dapat menambal kekurangan shalat wajib, dan dapat menambal kekurangan puasa Ramadan.

Ketiga, ketika seseorang menjalani puasa Syawal dan membiasakannya setelah bulan Ramadan usai, bisa jadi Allah menerima amal shalihnya, karena salah satu tanda Allah menerima amal seorang hamba adalah dengan dimudahkannya dalam melakukan ibadah.

Keempat, puasa Syawal wujud syukur nikmat telah diampuni dosa karena telah berpuasa pada bulan Ramadan.

Kelima, puasa Syawal wujud dari melestarikan amal ibadah yang baik di bulan Ramadan.

  1. Menikah

Keutamaan penting di bulan Syawal berikutnya adalah melaksanakan pernikahan. Menikah pada tanggal, atau hari apapun di bulan Syawal akan mendapat kebaikan bagi yang melaksanakannya, tidak heran jika melihat banyak sekali masyarakat yang menggelar pernikahan pada bulan Syawal karena merupakan salah satu sunnah, sebagaimana kisah yang diceritakan pada hadist muslim yang disabdakan dari istri Nabi Muhammad Saw., Aisyah RA., yang artinya :

“Rasulullah Shalahualaihi Wasalam menikahiku saat bulan Syawal dan mengadakan bulan pertama denganku pada bulan Syawal. Manakah istri beliau yang lebih mendapatkan perhatian selain aku ?” (H.R. Muslim, An-Nasa’i).

Lihat Juga; Contoh Isim Muzakkar

  1. Silaturahmi

Salah satu amalan penting di bulan Syawal lainnya yang tidak asing lagi bagi kita adalah bersilaturahimi, biasanya dilakukan dengan mudik ke kampung halaman, bermaaf-maafan dengan keluarga, saudara, dan tetangga.

Selain bulan Ramadan bulan Syawal juga merupakan bulan penuh ampunan dan berkah dari Allah dengan bersilaturahmi dan bermaaf-maafan yang dilaksanakan oleh umat Islam selepas melaksanakan Sholat Idul Fitri pada 1 Syawal.

  1. Bersedekah

Pada bulan Ramadan banyak kita lihat orang berlomba-lomba dalam menjalankan ibadah sunnah salah satunya bersedekah, dan diharapkan pada bulan Syawal amalan sunnah bersedekah terus dilakukan karena banyak manfaat yang akan diproleh dengan bersedekah.

Karena dengan bersedekah kita dapat meningkatkan rasa empati, dilancarkan rezeki, terhindar dari sifat kikir, melatih pikiran menjadi positif, dan meningkatkan rasa syukur.

Tidak hanya bermanfaat untuk diri pribadi, tetapi dengan bersedekah dapat memberikan manfaat bagi saudara kita yang membutuhkan.

Lihat Juga; Contoh Kalimat Isim Isyarah

Dengan membaca artikel ini kita tahu beberapa amalan sunnah yang bisa kita lakukan di bulan Syawal untuk menyempurnakan amalan kita pada bulan Ramadan, antara lain dengan puasa enam hari, menikah, silaturahmi, dan bersedekah.

Semoga kita menjadi sosok hamba yang senantiasa istiqomah menjalankan kewajiban kita terhadap Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan Sunnah Nabi Muhammad Shalallahualaihi wa salam.

 

Author:

Iwan Abdurrahman

4.9/5 - (41 votes)
Hanya Manusia Biasa Yang Selalu Memperbaiki Hati dan Diri