Contoh Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi

Posted on
 Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi adalah satu dari 13 bagian Hukum Mad Far’i dalam ilmu tajwid. Sebagaimana hukum-hukum Mad Far’i lainnya, kunci utama dalam memahami bacaan Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi ini yaitu hukum Mad Thobi’i.
Seperti pada bacaan-bacaan yang lain, mad berarti panjang, lazim bermakna wajib atau pasti, mutsaqqal artinya diberatkan dan kilmi yaitu perkataan.
Hukum Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi terjadi ketika ada huruf dari Mad Thobi’i (ا يْ وْ) bertemu dengan huruf hijaiyah yang bertasydid. Tanda baca tasydid yang dimaksud disini bukanlah Tasydid Hukum, melainkan Tasydid Ashli.
Mad Lazim Kalimi Mutsaqqal. Lazim berarti harus wajib. Hukum Bacaan Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi مدلازم مثقل كلمى Hukum bacaan disebut mad lazim mutsaqqal kilmi adalah apabila ada Mad Thobii bertemu dengan huruf yang bertasydid yaitu didalam satu kalimat.

Mad Lazim Kalimi Mutsaqol – Mad Lazim Kalimi Mutsaqol adalah Mad yang terjadi dari Mad Thobii yang diikuti oleh huruf bertasydid dimana keduanya masih berada pada satu kata.

Sehingga mad lazim mutsaqqal kilmi menurut bahasa adalah suatu bacaan di dalam Al-Quran yang lazim dibaca panjang 3 alif atau 6 harakat dan berat dalam satu kalimat. Contoh Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi.

Mad lazim mutsaqqal kilmi adalah lafaz yang perlu dibaca panjang dan perlu untuk sahabat muslim beratkan. Bacaan ini harus dibaca panjang 3 alif 6 harakat. ولاالضآلين من دآبة الصآخه قل آلذكرين Baca Juga.

Mad lazim mutsaqqal kilmi. Mad ini terjadi jika ada Mad Thabii bertemu dengan tasydid pada satu kata atau ayat. Syaratnya posisi Mad Thobii dan huruf yang menyandang tasydid harus berada dalam satu kalimat.

Cara Membaca Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi

Panjang bacaan pada Mad Lazim Kilmi Mutsaqqal ini yaitu harus 3 alif atau 6 harakat (tidak bisa ditawar lagi), hal ini tentu saja sangat mirip dengan hukum Mad Wajib Muttashil. Dua hukum ini memiliki tanda (simbol) berupa garis lengkung seperti gambar pedang.
Tanda atau simbol “Pedang” dalam Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi tersebut berada di antara huruf hijaiyah Mad Thobi’i dengan huruf yang bertasydid. Cara membaca Mad Lazim Mutsaqqal Kilmi adalah dengan terlebih dulu membaca dengan dipanjangkan huruf hijaiyah Mad Thobi’i sekitar 3 alif kemudian dilanjutkan masuk ke dalam huruf yang bertasydid.
Dalam hal ini, pembaca diwajibkan untuk memberatkan huruf yang bertasydid setelah membaca huruf hijaiyah Mad Thobi’i. Untuk lebih jelas, langsung saja lihat contohnya.

Contoh Mad Lazim Mutsaqqal Kalimi Dalam Al Quran

Berikut adalah contoh mad lazim kilmi mutsaqqal di Al-Qur’an lengkap dengan keterangan ayat dan suratnya:

  • Al-Fatihah: 7

غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ

  • Al-Baqarah: 76

لِيُحَاجُّوكُمْ بِهِ عِنْدَ رَبِّكُمْ

  • Al-Baqarah: 164

وَبَثَّ فِيهَا مِنْ كُلِّ دَابَّةٍ

  • Al-‘An’am: 80

وَحَاجَّهُ قَوْمُهُ قَالَ أَتُحَاجُّونِّي فِي اللَّهِ

  • Az-Zumar: 64

قُلْ أَفَغَيْرَ اللَّهِ تَأْمُرُونِّي أَعْبُدُ أَيُّهَا الْجَاهِلُونَ

  • Ar-Rahman: 39

فَيَوْمَئِذٍ لَا يُسْأَلُ عَنْ ذَنْبِهِ إِنْسٌ وَلَا جَانٌّ

  • Al-Mulk: 19

فَوْقَهُمْ صَافَّاتٍ وَيَقْبِضْنَ

  • An-Naziat: 34

فَإِذَا جَاءَتِ الطَّامَّةُ الْكُبْرَى

  • Abasa: 33

فَإِذَا جَاءَتِ الصَّاخَّةُ

  • Al-Fajr: 18

وَلَا تَحَاضُّونَ عَلَى طَعَامِ الْمِسْكِينِ

Rate this post
Hanya Manusia Biasa Yang Selalu Memperbaiki Hati dan Diri