Mabruk Alfa Mabruk Artinya

Posted on

Sama seperti bahasa Inggris, jumlah pengguna bahasa Arab di Indonesia semakin tinggi saja. Didukung dengan fakta pemeluk agama Islam merupakan mayoritas di Tanah Air, banyak kata bahasa Arab yang lazim digunakan sehari-hari. Salah satunya adalah mabruk alfa mabruk. Memang apa sih mabruk alfa mabruk artinya dalam bahasa Indonesia?Mabruk Alfa Mabruk Artinya

Sebelum memahami mabruk alfa mabruk artinya secara tepat, Anda harus tahu bahwa bahasa Arab bukanlah semata bahasa peribadatan umat Islam saja. Sekalipun memang bahasa Arab digunakan dalam Al-Quran, bahasa Arab adalah bahasa resmi yang digunakan setidaknya 25 negara di seluruh dunia dengan mayoritas berada di Timur Tengah dan kawasan utara Afrika.

Baca Juga ; Inilah Arti Yaumul Milad yang Tepat

Karena kondisi inilah, lazim mendengarkan bahasa Arab terucap tidak dari umat Islam. Untuk itulah Anda yang ingin mempelajari bahasa Arab, juga harus belajar untuk toleransi kepada pemeluk agama lain yang kebetulan berbahasa Arab. Namun meskipun begitu, mengucapkan bahasa Arab kepada sesama Muslim juga sangat baik karena banyak doa yang bisa disampaikan.


Makna Mabruk Alfa Mabruk

Jika disuruh memilih, beberapa kata bahasa Arab yang sangat sering dipakai orang Indonesia adalah syukron (terima kasih), afwan (maaf), barakallahu (semoga diberkahi Allah SWT) dan yamul milad (selamat hari kelahiran). Namun lepas dari kata-kata tersebut, ada kalimat yang kini juga lazim diucapkan dalam percakapan harian yakni mabruk alfa mabruk.

Kalimat ini sendiri sering terdengar diucapkan ketika seseorang tengah berulang tahun. Lantas apa sih mabruk alfa mabruk artinya dalam bahasa Indonesia? Secara harfiah bermakna ’berkah beribu berkah’. Karena kalimat mabruk alfa mabruk berasal dari dua kata yakni mabruk yang berarti berkah atau semoga berkah dan alfa berarti beribu (banyak).

Baca Juga ; Inilah Barakallah Artinya Dalam Bahasa Indonesia

Dalam mabruk alfa mabruk, mabruk sendiri bisa berfungsi sebagai maf’ul bihi alias obyek. Sehingga ketika kalimat itu diucapkan, bertujuan mendoakan orang yang tengah milad atau berulang tahun memperoleh sisa usia yang senantiasa dilimpahi berkah dari Allah SWT.

Karena itulah ketika seseorang merayakan pertambahan usia dan Anda mengucapkan mabruk alfa mabruk, merupakan doa bahwa ’selamat hari kelahiran, semoga mendapat banyak keberkahan’.


Penggunaan Mabruk Alfa Mabruk Secara Tepat

Kendati memang dalam Islam pertambahan usia atau ulang tahun tidak dianjurkan dirayakan dengan suka cita berlebihan, tetap saja momen kelahiran harus ditanggapi penuh syukur. Selain mabruk alfa mabruk, biasanya kalimat yang kerap diucapkan juga adalah barakallahu fii umrik.

Kalimat ini sendiri juga memiliki makna serupa dengan mabruk alfa mabruk yakni sama-sama doa, agar si ulang tahun memperoleh keberkahan dari Allah SWT. Namun dalam pengunaannya dalam percakapan sehari-hari, Anda yang sudah memahami mabruk alfa mabruk artinya dapat menambahkannya dengan kalimat lain.

Baca Juga ; Bahasa Arab Sama-Sama Sekaligus Terima Kasih yang Tepat

Contohnya menjadi mabruuk alfa mabruuk ’alaika mabruuk. Mabruuk alfa mabruuk yawm miiladik mabruuk.

Kalimat berbahasa Arab itu bisa diucapkan saat seseorang bertambah usia karena menjadi doa pula. Dimana dalam bahasa Indonesia berarti ’selamat hari kelahiran, semoga mendapat rahmat dari Allahu Ahad sehingga hidup menjadi selamat’. Jauh terdengar lebih indah, bukan? Semua karena mengandung doa yang tulus untuk mereka yang tengah bertambah usia.

Baca Juga ; Wa Iyyak Artinya Dalam Bahasa Indonesia Sekaligus Penggunaan

Alih-alih menggunakan bahasa Inggris seperti happy birthday to you, tentunya mabruk alfa mabruk akan terdengar lebih Islami. Apalagi kalau Anda sudah tahu mabruk alfa mabruk artinya dengan tepat dan menggunakannya sembari ditambah kalimat doa, tentu ucapan ulang tahun akan terdengar lebih tulus dan religius. Sehingga pertambahan usia bisa dirayakan dengan sebuah syukur.

Hanya Manusia Biasa Yang Selalu Memperbaiki Hati dan Diri